Saturday, August 10, 2019

ANAK DIET CFGFSF, TRUS NGEMILNYA APA DONG?


Pertanyaan tersebut adalah yang paling sering ditanyakan begitu tahu anak saya diet CFGFSF (casein free, gluten free, sugar free). Awalnya saya juga bingung, duh kasihan udah ngga bisa nyicipin yang enak-enak. Terus cemilan dan makanannya pasti ngga ada yang oke. Ternyata justru disinilah kreativitas emak diuji, serta kemampuan emak untuk teliti dan cari informasi ditantang habis-habisan.
Setelah sekarang menjalaninya hampir 2 tahun, kita udah biasa aja. Anak tetep happy dan tetap bisa ngemil. Beruntung anak saya doyan banget hampir segala jenis buah,jadi selama ada yang jualan jus buah diluar sana kita bisa tenang walau akhirnya tetap dipiih buah yang tidak mengandung phenol tinggi.

Oke daripada kepanjangan langsung aja  deh ini beberapa ide untuk cemilan dan makanan anak yang sedang diet CFGFSF. Tapi ingat setiap anak mempunyai alergi dan sensitifitas yang berbeda-beda jadi kita sebagai orang tua harus tetap memperhatikan mana yang cocok dan mana yang tidak kemudian dicatat agar tidak lupa.
1.       Jus Buah
Kalau dirumah sih udah pasti gampang yah, tinggal beli buahnya, kasih air sedikit, pakai hand blender ngga sampai 5 menit udah beres deh.

Ini juga yang menjadi andalan kala berpergian. Bersyukurlah  banyak yang jualan jus buah murah meriah dan hampir disetiap resto ada, tinggal request deh jangan pakai gula dan susu. Biasanya nih yang sering dipilih adalah jus Sirsak, Alpukat dan Buah Naga (sebenernya sebaiknya buah Naga putih, tapi jarang ada). Oke untuk Buah Naga ngga semua anak cocok karena ada phenol, tapi untung saja sama Rayyan ngga ada reaksi apa-apa. Jus juga salah satu cara ngakalin buat anak yang ngga suka sayur, termasuk Rayyan. Suatu hari di sekolah Rayyan pernah dicoba dibuatkan jus Kiwi, Pok Coy dan Nanas, dan Rayyan jadi anak satu-satunya yang menghabiskan jus sampai tuntas.  

Jangan lupa udah tahu suka beli jus, bawa botolnya sendiri lengkap dengan sedotannya yang reusable, apalagi kalau sedang perjalanan jauh.

2.       Nice Cream
Rata-rata hampir semua anak suka deh sama Ice Cream. Jadi gimana nih supaya mereka yang diet bisa makan Ice Cream juga?. Setelah browsing-browsing ternyata ada yang Namanya Nice Cream, caranya gampang banget, potong-potong buahnya kemudian dibekukan. Saat mau disantap barulah diblender, sebaiknya buah yang sudah dibekukan didiamkan sebentar di suhu ruang agar lebih mudah untuk diblender. Sejauh ini yang teksturnya oke untuk dijadikan Nice Cream adalah buah Naga dan Alpukat.

3.       Rangginang
Keripik beras tradisional ini ngga cuma favoritnya Rayyan tapi orang serumah. Untuk yang satu ini biasanya saya minta dibuatkan khusus yang tanpa MSG dan terasi. Rasanya tetap enak dan gurih kok. Ini juga senjata andalan untuk rewardnya Rayyan. Di toko-toko makanan diet anak berkebutuhan khusus juga sudah banyak yang jual.


4.       Lontong
Biasanya juga ini bikin sendiri terserah mau kosong atau ada isinya. Jujur aja ini yang sering bikinin neneknya. Untung aja Rayyan tidak alergi dengan santan.

5.       Donut Labu
Ini sih resep yang paling sukses dan paling sering dibagikan digrup orang tua dengan anak ASD. Karena mudah dan enak. Biasanya saya menggunakan labu parang atau Butternut Pumpkin (eh udah tahu kan sekarang udah ada yang versi lokal yang harganya jauh lebih terjangkau). Karena sudah terkenal kalau Rayyan suka olahan labu tiap ada yang datang dari Sukabumi, selalu bawain labu buat Rayyan, dijamin rasanya udah pasti lebih enak. Cara membuatnya labu dikukus, dilumatkan kemudian dicampur dengan tepung beras dan tepung sagu, sedikit garam. Dibentuk donut terus goreng deh.


6.       Nugget Ikan dan Daging Sapi
Loh ini mah lauk berat kok jadi cemilan? Yahhh berdasarkan pengalaman kalau lagi ngegoreng ini, nuggetnya banyak yang lenyap dicemilin duluan sebelum dimakan pakai nasi hehehe. Walau tidak menggunakan banyak bumbu dan telor dalam pengolahnnya, tapi kalau segi rasa sih ngga kalah enak yah dibandingkan dengan nugget yang dijual di pasaran. Perbedaannya hanya di kekenyalannya saja. Lagipula kalau bikin sendiri selain lebih sehat juga jauh lebih murah.

7.       Kacang Almond
Almond si kecil yang mengandung banyak nutrisi antara lain serat pangan, lemak tak jenuh, mineral yang bermanfaat bagi tubuh serta vitamin B dan vitamin E (sumber: alodokter.com). Kalau ini sih cukup disangrai aja, biasanya yang beli cacahannya di toko bahan makanan juga oke karena tipis-tipis jadi sangrainya ga cukup lama. Kalau mau lebih berasa tinggal taburkan sedikit garam. Untuk yang lactose intolerant, juga bisa coba membuat Almond mylk.

8.       Bakwan Sayur
Isinya sih sayur yang biasa dikonsumsi oleh anak kita , hanya terigu dan telurnya diganti dengan tepung beras dan tepung sagu. Tapi khusus untuk gorengan apapun minyak yang digunakan sebaiknya dibatasi konsumsinya.

9.       Buah-buahan
Ini yang paling gampang dan banyak ditemui, tinggal bekal pisau dan sendok dari rumah. Jadi di perjalanan tinggal mampir ke tukang buah terdekat, kupas, cuci langsung disantap. Kandungan nutrisi dalam buah sudah ngga usah ditanya lagi, sudah pasti bermanfaat untuk kesehatan tubuh Hanya yang perlu diperhatikan adalah kandungan phenolnya yang berpengaruh terhadap anak-anak kita yang ada di spektrum autis


Masih banyak lagi sih sebenernya,kesimpulannya jangan takut untuk mencoba diet CFGFSF, apalagi sampai takut kalau anaknya kurus dan kurang gizi. Justru jadi lebih sehat karena ngga jajan sembarangan dan mendapatkan nutrisi dari makanan yang dikonsumsinya.

Kalau bepergian gimana? Memang sih ini agak repot yah. Karena banyak yang harus disiapkan untuk dibawa tapi  dalam rangka sekalian mengajarkan anak untuk lebih cinta lingkungan, tidak menambah sampah plastik dengan membawa bekal dan wadah makanan sendiri, jadi dijalani saja Biasanya juga saya udah cari informasi dulu nih di tempat tujuan kita ada resto apa aja, terus keadaan rest area yang dilewati gimana kalau misalnya bepergian dengan mobil. Kami juga lebih memilih untuk dine in dibanding take away, selain suami bisa ngelurusin kaki dulu setelah nyetir terus, kita juga ngga nambah sampah lebih banyak. Karena kalau take away kebayang kan tambahan sampah dan sampah plastik yang kita hasilkan.

Kalau kepepet saya juga suka beli cemilan dan bahan-bahan makanan seperti tepung mix, bread crumb dari beras, atau roti khusus yang saya udah pasti ngga bisa bikinnya di toko-toko khusus diet anak ASD, ngga usah khawatir karena banyak yang olahan rumah mereka juga sudah memperhatikan pengemasan dan penggunaan plastik Banyak diantaranya sudah mengganti dengan kemasan kantong kertas. Semoga dengan kita terus memberikan contoh kebiasaan-kebiasaan baik, akan diingat dan tertanam dalam benak anak kita, hingga dia akan meniru dan meneruskan kebiasaan-kebiasaan tersebut.

No comments:

Post a Comment