Thursday, September 8, 2016

Menyicipi “Legenda” Cirebon

Salah satu hal yang bikin pengen balik lagi ke Cirebon yaitu Kulinernya. Untuk berbagai referensi dan list makanan apa aja yang ada di Cirebon saya harus berterimakasih sama neng WInda Apriandita, karena ngasih listnya lengkap banget, tapi sayang cuma berhasil nyicipin beberapa aja.
Untuk persiapan kulineran di Cirebon sehari sebelumnya saya sengaja makan yang dibakar dan sayur-sayuran bahkan skip makan malam, dari rumah kebetulan lagi ada stock Lemon jadi sekalian bikin infused water buat ke Cirebon. Yup segitunya persiapan buat kulineran di Cirebon, sampai besok harinya saya juga skip sarapan. Oh iya, untuk masalah referensi dan rasa tergantung masing-masing selera orang yah, mungkin ada yang setuju atau ngga tapi ya udah ini seseleranya saya aja.

Berangkat dari Bekasi jam 09.20 sampai Cirebon nyampe jam 12an, paslah yah lapernya dan udah waktunya makan siang juga. Udah pasti tujuan utama saya mau makan Empal Gentong, menurut info dari neng WInda (beserta sejarahnya), empal gentong terenak adalah Bu Dharma/ Mimi Tiyah…Ok, mungkin di berbagai referensi atau cerita, empal gentong “legendaris” itu Empal Gentong Mang Dharma bahkan yang “kw”nya tersebar dimana-mana nah setelah Mang Dharma yang asli meninggal kemudian pecah kongsi antara anak dan istri. Kalau istrinya menggadang nama Bu Dharma atau Mimi Tiyah sedangkan anaknya menggunakan nama Empal Gentong Krucuk, kalau masalah enaknya satu antara yang lain kurang lebih aja. Tadinya begitu nyampe mau ke Empal Gentong krucuk karena dekat dari stasiun kereta dan sudah tahu harus naik angkot apa, tapi penasaran banget sama yang Mimi Tiyah. Akhirnya naik becak minta diantar ke jalan Diponegoro no. 21 lumayan bisa menikmati suasana kota Cirebon yang lengang. Ternyata letak Empal Gentong Bu Dharma tidak terlalu jauh dari Empal Gentong Krucuk dan sama-sama mudah dicarinya. Karena masih jam sholat Jumat jadi suasana warung tidak terlalu ramai, langsung deh pesen,

Bapak yang selalu stand by paling depan motong-motongin daging dan tetelan

Begitu suapan pertama beuhhhhh itu rasa gurih, asin, pedes langsung pesta di mulut saya, ditambah kucurin jeruk nipis yang sedikit ngasih rasa asam jadi ga terlalu blenek dengan santannya. Ini jelas Empal Gentong terenak yang pernah saya rasain seumur hidup saya, lontongnya memang sedikit lebih lembek daripada lontong umumnya tapi terasa klop sama kriuk-kriuk dari kerupuk kulitnya. Begitu nyuap langsung susah berhenti, makannya ngebut ampe ga nafas kayaknya, saking enakkk banget. Kemudian ga lama pelanggan makin banyak, bikin saya ragu mau nambah apa ngga (padahal malu tuhhh), taunya pelayanannya cepet banget ya udah jadi aja nambah….Cuma setengah porsi kokkk, kalau ga inget abis makan mau jalan lagi mungkin akan digenepin jadi dua. Tapi berhubung ini baru mau start jalan-jalannya jadi agak ngerem (iyaaa segini tuh itungannya ngerem). Untuk satu porsinya harganya 23 ribu, kalau setengah porsi 15 ribu. Murah,kenyang, dan enakkkkk bangeeeeett, bahagialah saya.

Berikutnya, setelah Empal Gentong, makanan khas Cirebon lainnya adalah Nasi Jamblang. Keesokan harinya saya memutuskan makan ini. Saya pilih yang dekat dengan hotel saya menginap yaitu Nasi Jamblang Mang Dul yang terletak di seberang Mall Grage, Nasi Jamblang Mang dul ini sudah ada sejak tahun 1970-an

Sepertinya itu foto Almarhum Pak Abdul Razak alias Mang Dul

Kalau untuk ini saya sengaja ga makan sarapan di Hotel, karena emang sengaja mau makan ini. Tapi sayangnya begitu udah nyampe saya agak bingung ngeliat pilihan lauknya mau yang mana, akhirnya ini pilihan saya

Sayangnya parunya agak pahit, jadi sejujurnya saya kurang terkesan makan disini (sekali lagi maaf jika banyak yang tak setuju sama pendapat ini). Untuk pilihan menu seperti saya tadi kena 32 ribu (ternyata ga semurah yang dibayangkan sebelumnya atau memang pilihan lauk saya yang salah). Yah memang kalau mau sarapan cepat dan banyak pilihan atau lagi buru-buru kayaknya Nasi Jamblang adalah pilihan yang tepat

Lanjut perjalanan ke Batik Trusmi, pas lagi menuju kesana  saya ngeliat Restoran Empal Gentong Haji Apud dan Amarta, dua restoran ini cukup populer juga di Cirebon. Menurut teman saya, kalau ke Cirebon harus banget nyoba sate kambing mudanya. Jadilah sepulangnya dari Batik Trusmi mampir dulu ke Empal Gentong Haji Apud karena belom kesampean makan Sate Kambing Muda dan searah juga dengan arah saya pulang menuju stasiun.

Sembari menunggu sate dibakar, ngemil dikit boleh lah. Ga resmi ke Cirebon kalau belom makan tahu gejrot

Dan ini sate kambing muda saya lagi disiapin

Akhirnya muncul juga ini sate kambing muda

Coba kita buktikan seenak apakah sate kambing Muda. Daannnnnn enakkk banget sodara-sodaraaaaaa….lemaknya tuh kayak lumer dimulut, dagingnya gurih dan kenyalnya pas ga terlalu lembek atau keras, aduhhhh ini beneran deh pecahhhh banget satenya, bingung juga jelasinnya gimana pokoknya ini enak pake banget. Kayaknya belom nemu yang seenak ini di Bekasi.  Seporsi sate kambing + lontong harganya 38 ribu tapi puas lahir bathin

Disini saya juga ngebungkus Empal Gentongnya buat oleh-oleh Akang Suami kan kasian kalau cuma denger ceritanya aja. Sudah pasti kalau dibungkus ga akan seenak kalau makan langsung di tempatnya, kata suami sih Empal Gentongnya enak, tapi kalau buat saya lebih suka yang Bu Dharma.

Selain nyicipin makanan legendaris Cirebon. Sempet juga ngeteh cantik di café “kekiniannya “ Cirebon. Sebenernya ini ngga sengaja juga, setelah nonton Alice in Wonderland – trough the looking glass, saya ngambil jalan yang berbeda buat pulang ke Hotel, eh kok ini tempat kelihatan dari luar lucu juga, ditambah namanya Vanilla Rabbit, kok kayaknya pas banget, akhirnya mampir deh. Bener tempatnya lucu banget

Sebenernya udah ga minat mau makan lagi dan saat itu juga udah malem, tapi malah teteh-tetehnya pada baik dan bagus banget pelayanannya. Mereka juga bilang saya santai aja makannya ga usah buru-buru padahal saya tahu itu mendekati jam tutup. Disini sempet nyobain Apple Pie + Hot tea, kalau rasa sih lumayan enak cuma isi apple pienya kematangan kurang goey, tapi selebihnya ok banget dari pelayanannya, suasananya, musiknya

Happy tummy happy life lah pokoknya. Pasti saya akan balik lagi ke Cirebon khusus buat kulineran, yuk ikut yuk.