Saturday, April 28, 2018

Kehamilan Kedua (atau selanjutnya) Masih Perlu Persiapan Ngga sih?







“Kehamilan kedua mah santaiii kan udah pernah”
“Ga usah disiap-siapinlah kalau yang kedua mah, yang pertama sih deg-degan kan wajar aja."

Buat yang lagi ngerencanain kehamilan kedua sering denger omongan kayak gitu ga?. Padahal yah mau hamil yang pertama, kedua, ketiga dan seterusnya semuanya sama-sama perlu persiapan dan rencana yang matang. Karena tujuannya adalah agar si Ibu dan Janin yang dikandung semuanya sehat hingga persalinan pun lancar. Terus apa aja sih yang perlu disiapkan? Menurut Dr. Dinda dari Brawijaya Women and Children Medical Center, ada beberapa hal yang harus diperhatikan:

dr. Dinda berbagi tips mengenai  kehamilan

Rachel Goddard, Ibu Citra Kirana (Parenting Club), dr. Dinda, membahas mengenai "Mitos dan Fakta
Seputar Kehamilan"

11.       Usia Ibu
Sebaiknya merencanakan kehamilan khususnya untuk anak kedua dilakukan dibawah umur 35 tahun, karena selain energi dan kemampuan fisik Ibu dalam kondisi baik, kualitas telur pun lebih bagus.

22.       Konsultasi
Jika pernah mengalami riwayat keguguran atau berencana untuk VBAC (Vaginal Birth After Caesarean), sebaiknya konsultasikan dengan Obgyn terlebih dahulu. Jika yang pernah mengalami keguguran dilihat dari riwayatnya terlebih dahulu apakah dulu diawal kehamilan atau trimester kedua, jika memang terjadi infeksi atau penyebab lainnya maka dicari cara pencegahan agar tidak terjadi lagi. Sedangkan yang berniat VBAC seperti saya, perlu diperhatikan alasan SC sebelumnya dikarenakan apa, pada umumnya jika SC dikarenakan ketuban pecah terlebih dahulu selama 12 jam atau sungsang maka kemungkinan untuk dapat VBAC lebih besar, namun jika alasan SC karena “macet” misalkan sudah  sampai pembukaan 4-5 kemudian mogok, maka kemungkinan panggulnya kecil sehingga bayi tidak dapat lewat, biasanya ini sudah lampu kuning  dalam melaksanakan VBAC. Karena setiap kondisi orang berbeda-beda oleh karena itu konsultasi itu sangat perlu.

33.       Waktu “berhubungan”
Mentang-mentang nih yah pengen cepet hamil langsung deh tuh kejar setoran setiap hari. Ternyata itu justru ngga bagus, sebaiknya minimal seminggu 2x. Karena jika dilakukan terlalu sering akan mengganggu kualitas sperma dan beban kerja prostat. Sperma sendiri diproduksi 3x sehari dan matang dalam waktuu 48 jam.

44.       Siklus Menstruasi
Ngerasa ngga kalau menstruasinya ga teratur? misal sebulan 2x atau bahkan beberapa bulan sekali, ataupun misal kemarin di tengah bulan ngga taunya bulan depannya di akhir bulan. Nah jika ngerasa siklusnya ngga teratur sebaiknya segera ke dokter dan perbaiki dulu siklus menstruasinya, karena ini berkaitan dengan masa subur. Terus siklus yang normal dan untuk mengetahui masa subur itu gimana caranya? Masa subur dihitung 28 hari dari hari pertama haid terakhir. Ahh kok kayaknya ribet yah. Eitss kalau gitu cukup inget-inget hari pertama haid terakhir terus buka deh websitenya parenting club/ www.parentingclub.co.id. Nanti di halaman utamanya ada beberapa tab yang bisa kita pilih. Buat yang lagi ngerencanain kehamilan bisa pilih tab Pra Kehamilan trus dibagian Tools pilih Smart Ovulation Calendar trus masukkin deh tanggal Hari pertama Haid terakhir kita, lalu klik Hitung tanggal Ovulasi langsung deh keluar masa subur kita






Ngga cuma buat pra kehamilan, tapi parenting club juga ngebantu kita di masa kehamilan, saat punya bayi atau pada saat tahap tumbuh kembang anak. Misalkan Pas lagi ngerencanain kehamilan kedua pas si Sulung mau masuk sekolah, kita kayaknya belum sempet riset sana-sini, padahal dikit lagi masuk tahun ajaran baru, tapi kan ga mungkin juga yah badan dibagi dua. Solusinya, tinggal pilih tab anak dan pilih tools smart school, masukin daerah dan spesifikasinya langsung deh keluar hasilnya. Lumayan hemat waktu ga browsing sana sini dulu.




Tapi jangan lupa, daftar dulu untuk menjadi member supaya kita bisa pakai semua fitur-fiturnya. Udah gitu kalau ada pertanyaan-pertanyaan seputar empat hal tadi kita kita bisa pilih smart Consultation. Kita bisa nanya pertanyaan apa aja dan ditujukan ke dokter dengan spesialisasi apa. Ini ngebantu banget sih buat Ibu-Ibu yang punya kegiatan seabrek dan belom sempet ke dokter, lumayan kan ngga usah capek-capek ngantri dulu.









55.       Persiapan Fisik dan Mental
Udah pasti kalau mau hamil lagi badannya juga harus sehat. Bukan masalah kalori yang masuk namun juga nutrisinya yang perlu diperhatikan . Olahraga yang sudah rutin dilakukan juga ga serta merta harus berhenti dan diganti dengan yang seringan mungkin, menurut dokter Dinda yang sudah terbiasa melakukan lari, aerobic, muay thai dan lain sebagainya tetap diteruskan saja seperti biasa. Masalah olah raga ini ada sedikit cerita, dulu waktu hamil Rayyan dari 7 bulan paling ga renang seminggu sekali dan juga yoga, semakin mendekati kehamilan ditambah jalan pagi. Pas saat melahirkan SC di malemnya besok paginya saya udah bisa banguung dan mandi sendiri, pemulihannya cepet banget dan sekarang pun saya ngga merasakan apa-apa efek sehabis SC.
Oh iya satu lagi yang perlu diingat, buat terhindar dari Stretchmark (karena ini tidak bisa dihilangkan kecuali dengan perawatan khusus dengan teknologi) sebaiknya sering menggunakan oil/lotion bahkan sebelum masa kehamilan agar kulit lebih elastis dan menggunakan sabun yang mengandung moisturizer.
66.       DOA
Sebelum memulai usaha untuk hamil dan sesudah melakukan segala cara yang dilakukan kita serahkan semua kepada Allah SWT karena Dia yang paling tahu apa yang terbaik buat hambanya.

Semangaat semuaaa yah bagi yang lagi program hamil

No comments:

Post a Comment